Tanyajawab perbedaan uwais al-karri dengan al-qamah

Waktu baca:9 Menit, 54 Detik

Mungkin saja kamu sedang mencari jawaban dari pertanyaan: perbedaan uwais al-karri dengan al-qamah, nah kalian berada di laman yang . Di artikel ini ada pilihan jawaban singkat pertanyaan tersebut. Silakan ulas lebih jauh.

Pertanyaan

perbedaan
uwais al-karri dengan al-qamah

Jawaban #1 jawaban Pertanyaan: perbedaan
uwais al-karri dengan al-qamah

Penjelasan:

Uwais alQarni

Uwais al-Qarni terkenal sebagai seorang muslim yang taat beribadah dan berbakti kepada ibunya yang sudah tua dan lumpuh. Segala permintaan ibunya ia dapat penuhi kecuali satu permintaan yang sulit untuk dikabulkan yaitu mengerjakan ibadah haji karena pada waktu itu perjalanan dari Yaman tempat asalnya ke Mekah sangatlah jauh melewati Padang gurun yang gersang tandus dan panas. Biasanya orang-orang akan menggunakan unta dan menyiapkan perbekalan yang banyak. Namun kehidupan Uwais sangat miskin serta tidak memiliki kendaraan yang bisa ia gunakan.

Kemiskinan tidak menghalangi Uwais untuk berusaha mengabulkan permintaan ibunya tersebut, akhirnya ia menggendong ibunya untuk pergi berhaji dengan berjalan kaki dari Yaman ke Mekah dengan menempuh perjalanan yang jauh dan sulit untuk membuktikan baktinya kepada ibu tercinta.

Baca Juga:  Pertanyaan marsya bangga menjadi bangsa indonesia yang mempunyai ciri khas tersendiri sehingga dapat dibedakan...

Inilah contoh seorang anak yang taat kepada ibunya walau dengan keterbatasan namun tetap tidak menghalangi ketaatan kepada ibunya tersebut sampai-sampai nama Uwais al qorni terdengar ke langit.

Alqomah

Pada masa Rasulullah, ada seorang pria yang bernama Alqomah. Pada suatu hari, menderita sakit yang kemudian menjadi semakin parah bahkan tidak bisa beranjak dari tempat tidur karena penyakit parahnya itu. Berita itu pun sampai pada Rasulullah SAW. Kemudian beliau mengutus tiga orang sahabatnya untuk menjenguk Alqomah.

Di sana, ketiga sahabat menemui Alqomah yang sedang dalam sakaratul maut, namun dia kesulitan untuk mengucap lafal la ilaaha illallaah. Setelah itu, Rasulullah memerintahkan sahabatnya untuk mencari ibu dari Alqomah. Setelah menemui sang ibu, ternyata diketahui bahwa Alqomah telah melupakan ibunya sendiri. Sejak menikah, Alqomah lebih mementingkan istrinya daripada ibu kandungnya. Ibu Alqomah merasa sakit hati dengan sikap anaknya tersebut.

Kemudian, Rasulullah memerintahkan untuk mencari kayu bakar untuk membakar Alqomah. Sang ibu merasa tidak sampai hati melihat sikap Rasulullah. Singkat cerita, ibu Alqomah memaafkan kesalahan anaknya sehingga Alqomah dapat menghembuskan nafas terakhirnya dengan tenang.

Baca Juga:  Jawaban Pertanyaan Siapa sajakah tokoh yang hadir pada acara pembacaan teks proklamasi​

Jawaban #2 jawaban Pertanyaan: perbedaan
uwais al-karri dengan al-qamah

Jawaban:

Uwais al-Qarani lahir 594 M dan M/ 37 H adalah seorang tabi’in yang hidup di zaman Nabi Muhammad tapi tidak sempat bertemu Nabi. Berasal dari penduduk Qarn, Bareq, Asir, wilayah Arab Saudi dekat perbatasan di Yaman.

Alqamah bin Qais an-Nakha’i adalah seorang tabi’in senior, ahli fiqih, dan ahli tafsir yang ternama dari Kufah. Nama lengkapnya adalah Abu Syibli ‘Alqamah bin Qais bin ‘Abdullah bin Malik an-Nakha’i al-Kufi. Ia adalah salah seorang murid terkemuka dari Abdullah bin Mas’ud

Bagai mana tanya-jawab tentang perbedaan uwais al-karri dengan al-qamah, semoga dengan jawaban bisa membantu menyelesaikan masalah kamu. Bila bila beberapa jawaban di atas perbedaan uwais al-karri dengan al-qamah gan kurang puas atau belum menjawab pertanyaan mu secara tepat, bisa langsung komen di bawah aja ya..??

Happy
Happy
%
Sad
Sad
%
Excited
Excited
%
Sleepy
Sleepy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
%

Leave a Reply

Your email address will not be published.